Saturday, April 29, 2017

Bulk Material Handling

Bulk material handling merupakan istilah terjemahan dari material handling atau pemindahan bahan curah adalah suatu aktivitas yang sangat penting dalam kegiatan produksi dan memiliki kaitan erat dengan perencanaan tata letak fasilitas produksi.
Belt Conveyor Sistem
Alat pemindah material sangat diperlukan pada sebuah industri. Diantaranya seperti pada industri berkapasitas besar dan pertambangan. Semuanya tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak ada pengorganisasian transportasi material. Transportasi dalam industri dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, diantaranya:
  • Transportasi External, yaitu transportasi yang mengangkut raw material dari luar pabrik (sumber source raw material) ke pabrik untuk diolah, misalnya bahan bakar, bahan baku dan meterial pelengkap pada lokasi produksi, serta untuk mengirimkan produk jadi dan sisa produksi pada lokasi pabrik itu sendiri. Salah satu contoh transportasi ini adalah belt conveyor.
  • Transportasi Internal, transportasi jenis ini melakukan pendistribusian materil diantara line-line department pekerjaan, untuk mengatur pengiriman produk saat in-progress proses pembuatan produk menjadi barang jadi. Jenis-jenis transportasi yang digunakan dalam hal ini misalnya belt conveyor, bucket elevator, screw conveyor.
Faktor-faktor mendasar yang mempengaruhi dan menjadi permasalahan material handling yang perlu dipertimbangkan adalah material, pemindahan dan metode. Yaitu, berbagai macam jenis material, jumlah material yang dipindahkan melalui berbagai rute dengan beberapa jenis peralatan pemindahan material.
Faktor dasar perencanaan tata letak pada setiap peralatan material handling adalah hubungan antar alat, ruang dan pengaturan. Hubungan tersebut menunjukkan hubungan antar peralatan, ruang-ruang yang terbentuk, jumlah, jenis dan konfigurasi ruang untuk setiap peralatan dan penyesuaian pengaturan ruang ini untuk memaksimalkan hubungan antar alat dan persyaratan ruang yang sesuai.

1 comment:

  1. Is the BK8 Bet Mobile App really worth a download? - VR Sports Betting
    BK8 Bet Mobile App — The Bet9ja bk8 app doesn't have anything to hide 제왕카지노 in plain sight. 온카지노 If you're looking for the most popular sports like basketball, basketball,

    ReplyDelete